Saturday, January 27, 2018

Dilan 1990

Saya menulis review ini 2 jam setelah saya menonton film tersebut, sebelum lupa.. ya mari di tulis

walaupun sepanjang film diputar seringkali terlontar kalimat anzaayyy, najizzz, duh pen muntah,  karena full of cringe, yha lagi-lagi perbedaan generasi.  Zaman saya pas SMA model pacarannya udah efektif dan efisyien (ga pake surat, telpon koin) pake sms, watsaap, facetime, line, facebook, yahoomassanger dan masih banyak lagi.
saya juga bukan tipikal pecinta film bernuansa : Badboi sang perayu maut kelas kakap jatuh cinta dengan wanita-wanita kalem cantik pindahan pula darikota metropolitan. Namun, saya akan mencoba professional di sini.  saya akan menuliskan mulai dari point-point buruk berlanjut ke baik seruntut mungkin,.

Overall bolehlah film ini dibuat selingan diantara nonton film-film berat heu, but don't expect the value added from this, because nothing :) except "flashback" masa SMA atau malah sedih "kok SMA ku dulu ga gitu yak"

hal yang cukup annoying menurut saya:
1. Dandanan
oke cukup saya hargai semua setting latar agar nampak seperti 1990, kendaraan, rumah, sepinya jalan, perabotan dan outfit.  Namun, ya masa cewek pada tahun gitu mukanya pada bening semua apa jangan-jangan pada tahun 1990 udah pada make SKII atau perawatan ERHA atau begemana saya tidak paham.  Rambutnya pada badai, mukanya flawless, dan yak.  Saya sering bertanya-tanya dan itu cukup mengganggu.  Karena saya pernah menonton film GIE, walaupun terdapat perbedaan  tiga dekade, tetapi GIE sangat berhasil membawa suasana ya memang 1960. begitu.


Namun, saya tetap mencoba berpositif thinking, ya mungkin benar di tahun 1990 semua rambut wanita khususnya di Bandung emang badai, semacem barusan di catok+blow.  Ya saya memang kurang mengerti fashion 1990, tetapi sulit merasakan suasana 1990 saat memperhatikan aktornya.  karena tiada beda dengan sekarang 2018.  Padahal Ibu kantin, suasana kelas dan sekolah cukup mendukung, dihancurkan begitu saja oleh mbak-mbak yang langsung memunculkan pertanyaan? nah ini sekarang tahun berapa sebenernya.

Lucunya di adegan ulangtahun, dimana bener-bener mirip seperti 2016,2017,2018, bawa kue, kejutan, boneka gede, bawa bunga, bedanya gaada orang-orang yang bawa hape sama bilang "EEEH BELUM DI STORY IN, ULANG-ULANG!!" i'm like, "yah gada IG yak 1990"

2. Bucin (Budaq Cinta)
Ayah saya memang punya diari dan gambar setiap mantannya di dalam diary nya.  Ayah-Ibu pun masih menyimpan surat cinta mereka hingga menikah dengan rapih.  Memang rada geli bacanya, tapi indah.  Namun, kadar bucin film Dilan memang benar-benar extreme.  Seperti ini:

a. Ketika Milea kepergok makan batagor sama Nandan oleh Benny (pacarnya yang di Jakarta), sontak Benny ngatain sampe teriak-teriak "Pelacur, cewek murahan" lah ni orang ngapa yak, padahal lagi makan batagor bedua, kecuali lagi ngapain gitu, ahelah... dasar bocah SMA di tahun 1990.

b. Pas upacara tepatnya pengucapan ntah janji siswa atau sumpah pemuda, Dilan pindah barisan samping Milea, kan bikin barisan ga rapi tuh, nah dia ditegur sama gurunya, ee dia emosi sambil teriak "MEMANGNYA ADA APA PAK??" kenceng banget ganggu prosesi upacara, nah si guru emosi "KAMU SALAH MALAH MELAWAN" *PLAAK* si guru pun menampar, Dilan pun membalas sampe ribut, seluruh sekolah ngerti dan di bawa ke BP.

Di ruang BP sama Milea, nah si KepSek bilang "Yang tidak berkepentingan silakan keluar" Dilan menjawab "Kalo Milea keluar, saya juga keluar Pak" itu sumpah,, orang dia yang bikin onar, orang lain suruh ikutan-_-
dan anehnya Milea malah menunjukkan ekspresi seneng...............

c. Dilan yang berani bakar sekolahnya kalo kepala sekolahnya nampar Milea :( like "i have no comment for dis"

3. BANYA BASA-BASI 
Ya mungkin emang hidup penuh dengan kebasa-basi an tapi aduh parah sih ahaha
di adegan Bunda Dilan ke rumah Milea lalu bertemu HappySalma (Ibu Milea)
Ibu Dilan: Astaga anda cantik sekali, wah-wah gak heran Milea bisa secantik ini..
HappySalma: Ah, bisa saja.. anda juga cantik
*PERSIS SAMA PERCAKAPAN DI = KOMEN INSTAGREM 2017 2018 bukan?*
lalu adek Milea datang... *salim ke Bunda Dilan*
Ibu Dilan: aaahh ini siapa lagii, ini rumah kok dihuni sama 3 orang cantik-cantik semua yaaaahh...
adik Milea: *Nyengir*
Ibu Milea : eh bilang makasih..
Adik Milea : Makasih...

******END*****

maksud saya apakah tidak ada percakapan lain begitu?  misal : "Punya IG ngga bukk? ID nya apa? oiya nanti followback ya mau ngetag di story"  oiya 1990 gada IG ding. hmm ya apa gitu kek kelas berapa atau begemana... hmm




.............udah itu aja masih yang keinget....................

Part bagusnya...
1. Hal-hal yang mendukung rasa 1990 ada
-Beberapa perabotan, walaupun ngga seluruhnya,
-Kendaraan.   gada satupun gojek yang lewat!! vewry gud
-Buku yang dibaca Milea "Olga" oleh Hilman Hariwijaya
-outfit HappySalma
-kaos MIlea " Jim Morrison" sama kaos  Bunda Dilan = RollingStone, ciye bocah naintis abis
-Telpon Umum Dilan
2. Pas sesi tawuran
Ga fail-fail banget si.
3. Tengil nya si Iqbal
cukup lah untuk bikin para remaja histeris

Ya sepertinya sampai sini dulu.  Saya senang rasa penasaran saya terbayar.  Akhirnya saya memahami jokes-jokes twitter dan meme perkara Dilan.  Sehingga saya bisa menjalanii hidup saya sebagai mana mestinya.
udah begitu saja ya, saya mengantuk.

Sekian.

bonus meme meme
twittter












No comments:

Post a Comment